Peningkatan Kapasitas SDM di Bidang Penguasaan Bahasa Inggris Desa Buwun Sejati Kabupaten Lombok Barat

Penulis

  • Hasnia Minanda Universitas Mataram
  • Baiq Nikmatul Ulya Universitas Mataram
  • Mahmudah Budiatiningsih Universitas Mataram
  • Siti Hamdiah Rojabi Universitas Mataram
  • Wahyu Hidayat Universitas Mataram
  • Alfin Asnawi Munsyir Universitas Mataram

Kata Kunci:

Desa wisata Buwun Sejati, Pemanduan, Bahasa Inggris

Abstrak

Desa Buwun Sejati merupakan salah satu desa wisata yang berada di Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat yang memiliki kekayaan potensi alam. Desa Buwun Sejati berhasil meraih juara harapan 2 dalam kategori Desa Wisata Rintisan dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Berdasarkan hasil diskusi dengan Pokdarwis Desa Wisata Buwun Sejati, rendahnya kemampuan Bahasa Inggris menjadi salah satu kendala bagi mereka. Oleh karenanya, Pokdarwis Desa Buwun Sejati melalui ketuanya menyampaikan bahwa mereka sangat membutuhkan pelatihan Bahasa Inggris. Pokdarwis merasa kesulitan untuk berkomunikasi dan menjelaskan daya tarik wisata yang ada di Desa Buwun Sejati kepada wisatawan mancanegara karena terbatasnya kemampuan Bahasa Inggris yang mereka miliki. Target dari kegiatan ini adalah pelatihan Bahasa Inggris pariwisata yang akan diikuti oleh anggota Pokdarwis di Desa Buwun Sejati. Anggota Pokdarwis yang mengikuti pelatihan Bahasa Inggris pariwisata akan diberikan sertifikat yang menunjukan bahwa mereka telah memiliki kemampuan Bahasa Inggris. Kemampuan Bahasa Inggris akan membantu mereka dalam menerima wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Desa Buwun Sejati. Melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat mendukung pengembangan pariwisata di Desa Buwun Sejati.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-02

Cara Mengutip

Minanda, H., Ulya , B. N. ., Budiatiningsih , M. ., Rojabi, S. H. ., Hidayat, W. ., & Munsyir, A. A. . (2023). Peningkatan Kapasitas SDM di Bidang Penguasaan Bahasa Inggris Desa Buwun Sejati Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Abdi Anjani, 1(2), 30–35. Diambil dari https://www.jurnal.fe.unram.ac.id/index.php/anjani/article/view/832